Kultum Dzuhur

Kultum Dzuhur

Rabu, 21 Oktober 2020 Selesai sholat Dzuhur diadakan kultum oleh bapak Drs. Rohmadi selaku guru mata pelajaran Biologi. Beliau mengambil tema tentang Kolesterol.

Kolesterol adalah lemak yang bersifat kaku, sehingga lebih ideal untuk menjaga keutuhan sel ketimbang jenis lemak lainnya dalam tubuh. Sel yang kuat akan membentuk jaringan dan organ yang berfungsi optimal. Pada dasarnya kolesterol yang ada didalam tubuh manusia sangat dibutuhkan guna menunjang proses metabolisme tubuh. Diantaranya :
-    Pelindung sel
Pelindung sel ini terbuat salah satunya dari kolesterol.
-    Pembentuk hormon
Kolestrol adalah bahan dasar pembentukan hormon, khususnya hormon steroid yang mencakup testosteron (hormon seks pria) serta estrogen dan progesteron (hormon seks wanita). Masing-masing hormon seks ini berperan mengatur fungsi sistem reproduksi manusia. Selain itu, kolesterol juga berperan dalam pembentukan hormon kortisol dan aldosteron. Kedua hormon ini berperan penting dalam pengaturan tekanan darah, merespon stres, dan menjaga kesimbangan elektrolit tubuh.
-    Pembentuk asam empedu
Asam empedu dibentuk oleh hati (liver) dengan bantuan kolesterol dalam darah. Asam empedu itu sendiri berfungsi untuk memecah lemak makanan untuk bisa diserap oleh tubuh dan digunakan sebagai energi.
-    Menjaga fungsi otak
Otak merupakan organ yang mengandung kolesterol paling tinggi dibandingkan organ lain. Dilansir dari laman Harvard Medical School, 25% kolesterol tubuh terkandung diotak. Dalam otak, kolesterol berperan untuk memperlancar sambungan antar saraf, disebut sinaps, yang mengatur berbagai fungsi otak, terutama untuk mengingat. Fungsi kolesterol lainnya untuk kesehatan otak adalah memelihara sel-sel otak.


Kebanyakan orang sering mengatakan bahwa makanan gorengan mengandung kolesterol tinggi, sebenarnya bukan itu yang menjadi permasalahan kolesterol tinggi ungkap pak Rohmadi. Selama minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak yang masih baik maka sangat aman untuk tubuh manusia. Minyak goreng yang tidak baik yaitu minyak yang sudah digunakan berulang-ulang, sehingga kondisi senyawa kimianya sudah rusak, itulah yang menyebabkan kolesterol jahat. Maka tidak perlu takut makan makanan gorengan tandas Beliau.
Selain itu, harus memperbanyak minum air putih/air bening, hal ini untuk memperlancar peredaran darah. Jika peredaran darah kurang lancar dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.
Akan tetapi, semua manfaat kolesterol ini bisa kita dapatkan dengan menjaga kadarnya tetap dalam ambang yang sehat. Pasalnya, kadar kolesterol berlebih dalam tubuh terkait dengan peningkatan risiko berbagai penyakit kronis.

Sebisa mungkin usahakan kadar kolesterol Anda tetap dalam ambang normal. Secara umum, kadar kolesterol total yang kurang dari 200 mg/dl dan kadar LDL (kolesterol jahat) kurang dari 100 mg/dl dalam darah dikatakan ideal.

Kolesterol dapat membahayakan kesehatan bila kadar LDL Anda mencapai 160 mg/dl atau lebih, atau kadar kolesterol total mencapai 240 mg/dl atau lebih.

Tim laman


    Kirim Komentar