KEGIATAN EDU EXPO SMA NEGERI 1 PENGASIH TAHUN 2020

Kegiatan EDU EXPO di SMAN 1 Pengasih pada tahun ini dilaksanakan tanggal 15 Januari 2020 dengan mengusung tema “ Kita Tingkatkan Wawasan Karir dan Life Skill Peserta Didik”. Tahun ini merupakan tahun kesembilan SMAN 1 Pengasih mengadakan acara EDU EXPO yang dihadiri oleh 37 Perguruan tinggi, terdiri dari enam perguruan tinggi negeri dan 31 perguruan tinggi swasta di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Tujuan dari diadakan EDU EXPO sendiri untuk menjembati peserta didik dan perguruan tinggi sehingga peserta didik dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari perguruan tinggi seperti jadwal pendaftaran mahasiswa baru, kuota setiap jurusan, biaya kuliah, pilihan jurusan, dan pertanyaan lainnya yang diinginkan peserta didik. Selain untuk memberikan informasi untuk peserta didik acara ini juga dapat dimanfaatkan perguruan tinggi untuk ajang promosi.  

Tidak hanya memberikan informasi kepada peserta didik kelas XII acara ini juga dipersiapkan untuk kelas X, dan kelas XI dan umum. Harapannya untuk kelas X dan kelas XI dapat mempersiapkan lebih dini dalam menentukan perguruan tinggi dan jurusan mana yang nantinya akan dipilih. Selain untuk peserta didik, orang tua/wali siswa kelas XII juga diundang untuk menghadiri acara ini. Orang tua/wali siswa kelas XII tidak hanya mengunjungi setiap stan perguruan tinggi, melainkan juga mendapakatkan sosialisasi mengenai persiapan UN dan jalur SNMPTN.

Berdasarkan sambutan dari Kepala Sekolah Bapak Ambar Gunawan menerangkan bahwa “Peserta Didik tahun ini merupakan anak ragil dalam pelaksanan UN, karena menurut informasi dari kemendikbud UN tahun ini merupakan UN terakhir yang selanjutnya nanti akan diganti sesuai keputusan nantinya”. Informasi selanjutnya adalah pemberitahuan tentang siswa yang masuk dalam peringkat 40 besar yang dapat mengikuti jalur SNMPTN yang disampaikan oleh wakil kepala sekolah urusan kurikulum.  Setelah itu wali peserta didik mendapatkan informasi dari perwakilan perguruan tinggi yang berkenan untuk melakukan presentasi dan sosialisasi. Acara pertemuan wali peserta didik sendiri berlangsung dari pukul 09.00-12.00 WIB, setelah itu sosialisasi dilanjutkan untuk peserta didik yang dilaksanakan pukul 13.00-15.00 WIB. Sosialisasi untuk peserta didik hanya diikuti kelas XII, presentasi dilakukan oleh perguruan tinggi negeri diwilayah Yogyakarta seperti UGM, UNY, BATAN, ISI, POLKESYO.

Acara EDU EXPO juga didukung oleh pameran kreativitas peserta didik yang diikuti dari dua kelas yang terdiri dari kelas X dan kelas XI. Pameran ini menjadi ajang peserta didik untuk menuangkan ilmu kewirausahannya, dalam acara ini peserta didik dapat berkresai secara kelompok tiap kelas, memilih apa yang akan ditampilkan dalam pameran. Berdasarkan pengamatan, pameran kreativitas peserta didik menampilkan jajanan ringan dan minuman, seperti cilok, sosis bakar, es dawet, cilor, martabak mini dan stik growol.

Kegiatan EDU EXPO, awalnya dipelopori oleh Ibu dra. Salami selaku guru Bimbingan dan Konseling (BK) yang setiap akhir tahun pelajaran terdapat banyak siswa (siswa kelas XII) bertanya/konsultasi tentang perguruan tinggi dan jurusan yang tepat untuk dipilih ketika akan kuliah. Dari hal tersebut tercetuslah kegiatan Edu Expo yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi dengan harapan para siswa kelas XII mendapatkan informasi yang tepat dan jelas.

Demikian Informasi kegiatan EDU EXPO pada tahun ini, semoga kedepannya kegiatan seperti ini lebih maju dan berkembang, terima kasih.

 

#tim laman.


    Kirim Komentar