Perpustakaan

PROFIL PUSTAKA ANANTA LOKA

 

  1. Indentitas Pepustakaan

Nama               : Pustaka Ananta Loka

Nama Induk    : SMAN 1 Pengasih

NPP                 : 3401071E1000002

Alamat            : Jl. KRT. Kertodiningrat 41 Pengasih Kulon Progo Yogyakarta, Kode Pos  55652, Telp. (0274) 773123

 

  1. Sejarah Perpustakaan

Pustaka Ananta Loka adalah perpustakaan di bawah induk SMAN 1 Pengasih. Berlokasi di Provinsi Yogyakarta Kabupaten Kulon Progo Kecamatan Pengasih Jl. KRT. Kertodiningrat 41. Perpustakaan berdiri sejak SMAN 1 Pengasih berdiri yaitu pada tanggal 5 September 1991. Awalnya sebelum menjadi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pengasih bernama SPG Negeri Wates, dan setelah SPG/SGO seluruh Indonesia dihapus alih fungsi menjadi SMA.

Kata “Ananta Loka” diambil dari bahasa sansekerta yang bearti tempat luas tanpa batas, dan pustaka bearti buku atau bahan informasi. Pustaka Ananta Loka sendiri bearti tempat mendapatkan segala informasi tanpa batas. Informasi yang disediakan terdiri dari dua macam yaitu cetak, dan non-cetak. Bahan cetak berupa buku bacaan fiksi dan non-fiksi, majalah, koran, jurnal, dan referensi. Bahan non-cetak sendiri berupa CD, e-book, dan fasilitas internet. kedua bahan pustaka atau informasi tersebut bermaksud untuk memberikan informasi yang luas tidak berujung atau tanpa batas.  

Pustaka Ananta Loka memiliki tugas untuk mendukung segala kegiatan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pengasih.

 

  1. Visi dan Misi

3.1 Visi

Menjadikan perpustakaan sebagai media informasi dalam meraih prestasi.

3.2 Misi

  1. Mewujudkan perpustakaan sebagai sumber utama belajar.
  2. Mewujudkan perpustakaan sebagai tempat yang nyaman dan menyenangkan
  3. Mewujudkan perpustakaan yang mampu memberikan layanan prima bagi pengunjung.
  4. Mewujudkan perpustakaan yang mampu menumbuhkan minat baca dan budaya belajar.
  5. Mewujudkan perpustakaan dengan sistem kerja berbasis teknologi informasi.
  1. Jam Kunjungan Perpustakaan

       Perpustakaan Pustaka Ananta Loka memiliki jam kunjungan sebagai berikut:

Senin – Kamis             : Pukul 06.30 – 16.00 WIB

Jumat                           : Pukul 06.30 – 15.00 WIB

  1. Fasilitas Perpustakaan
  1. Ruang Koleksi Bahan Bacaan
  2. Ruang Baca
  3. Ruang Referensi
  4. Ruang Audio Visual
  5. Penelusuran Internet
  6. Penulusuran koleksi ( OPAC )
  7. Ruang Pelayanan
  8. Otomasi perpustakaan
  9.  

 

  1. Layanan perpustakaan
  1. Layanan terbuka atau open acces

Perpustakaan Pustaka Ananta Loka memiliki sistem layanan terbuka, yaitu pemustaka atau pengunjung dapat dengan leluasa memilih sendiri bahan pustaka yang dimiliki sehingga pengguna dapat mengambil sendiri koleksi di rak. Layanan terbuka ini dimaksudkan untuk memudahkan pemustaka dalam mendapatkan informasi yang diinginkan. Layanan terbuka berlaku dalam layanan koleksi umum maupun layanan referensi.

 

  1. Layanan Sirkulasi

Pustaka Ananta Loka memberikan layanan sirkulasi berupa peminjaman, pengembalian dan perpanjangaan. Dalam peminjaman terdapat beberapa layanan yang disediakan yaitu peminjaman tahunan berupa buku paket, peminjaman mingguan berupa buku fiksi dan non-fiksi bukan buku paket, peminjaman baca di tempat untuk buku referensi. Pada proses kegiataan sirkulasi semuanya sudah terintegerasi dengan sistem otomasi perpustakaan dengan software libsys. Namun apabila terdapat kendala dalam sistem layanan sirkulasi dilakukan secara manual dengan menggunakan buku sirkulasi.

 

 

  1. Layanan Referensi

Pada layanan referensi terdapat berbagai bahan referensi dengan sistem baca di tempat. Koleksi referensi yang di miliki kamus, ensiklopedia, atlas, globe, peta, jurnal, makalah, surat kabar, dan karya tulis siswa.

 

  1. Layanan Audio visual

Audio Visual berupa layanan yang memanfaatkan fasilitas TV, VCD, LCD, Screen Proyektor, dan Komputer. Audio Visual diperuntukan untuk menampilkan informasi berupa visual yang mendukung kegiatan pembelajaran.

 

  1. Layanan Pendidikan Pemakai

Pendidikan pemakai atau user education adalah layanan yang diberikan kepada pengguna berupa bimbingan bagaimana memanfaatkan jasa perpustakaan dengan optimal. Bimbingan pengguna dapat dilakukan secara individual maupun kelompok. Secara kelompok kegiatan bimbingan dilaksanakan secara periodik atau atas permintaan kelompok tertentu.

 

 

  1. Layanan penelusuran informasi

Penulusuran koleksi di Pustaka Ananta Loka menggunakan mesin katalog on-line atau yang disebut OPAC. Layanan penulusuran melalui sistem OPAC ini diharapkan agar memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi. OPAC yang tersedia berasal dari sistem informasi perpustakaan yang digunakan yaitu Software Lybsis.

 

  1. Layanan Internet

Pustaka Anata Loka sudah terhubung dengan jaringan internet. terdapat fasilitas dua komputer yang disediakan untuk pengunjung. Pengunjung dapat memanfaatkan layanan internet ini untuk mencari informasi lebih luas dan tidak terbatas.

 

 

Pengasih, 16 Juli 2018

Kepala SMAN 1 Pengasih

 

 

Drs. Ambar Gunawan

NIP. 19611016161985011001